blog seputar perawatan ringan sepeda motor kesayangan anda

Peluang Bisnis Yang Tak pernah Habis

Jumat, 02 Januari 2009

Gas Buang Hitam

Gas buang hitam di sebabkan adanya pembakaran yang kurang sempurna dan campuran gas terlalu kaya dalam karburator.

Pemeriksaan dan solusinya.

  1. Periksa campuran bensin dalam karburator.Tidak normal,campuran gas dan udara terlalu banyak mengakibatkan gas buang hitam.Solusi,Setel ulang karburator.
  2. Periksa keadaan busi..Busi kotor dengan kerak yang menempel di elektroda dapat mengakibatkan pembakaran tidak sempurna.Solusi,bersihkan busi dengan ampelas atau ganti busi jika hasil pengapian kurang sempurna atau mati.
  3. Jika keadaan busi masih normal,yang perlu diperhatikan adalah bagian kompresi yang terlalu rendah.Kemungkinan bisa ring aus,silinder bocor,atau katup bocor.Solusi,bawa ke bengkel bila sudah merambat untuk pembongkaran mesin.

Knalpot Berasap

Knalpot berasap di sebabkan adanya kerusakan pada klep dan seher,sehingga oli mesin ikut terbakar saat proses pembakaran.Kondisi ini terjadi karena kedua komponen tersebut berhubungan langsung dengan ruang bakar.
Pemeriksaan dan solusinya.
  1. Periksa kondisi sil klep.Rusak,sil klep yang bocor menyebabkan oli mesin dapat masuk ke dalam ruang pembakaran.Solusi,ganti sil klep.
  2. Periksa bosh klep,kepala klep,dan posisi dudukan klep.Apakah kondisinya masih baik,kotor,atau dudukanya sudah tepat.Klep kotor,menyebabkan klep tidak menutup rapat,sehingga oli mesin dapat ikut terbakar saat proses pembakaran.Bosh klep aus,menyebabkan oli pelumas klep dapat masuk ke dalam ruang bakar.Dudukan klep miring,menyebabkan klep tidak dapat menutup dengan sempurna dan oli pelumas dari bosh klep dapat masuk ke dalam ruang bakar.Solusi,sil klep yang rusak dan bosh klep yang aus harus diganti,di bersihkan dengan bensin dan di setel ulang.
  3. Apabila klep, bosh klep,dan dudukan klep normal,berarti terdapat kerusakan pada seher,ring seher dan silinder.Kerusakan tersebut meliputi:
  • Ring seher kendor,menyebabkan oli pelumas yang di gunakan untuk mendinginkan seher ikut terbakar.Seher atau silinder yang telah aus menyebabkan ring seher tidak dapat membersihkan oli pelumas,walaupun kondisinya masih bagus.Solusi,seher dan ring seher yang rusak sebaiknya di ganti.Seher di ganti dengan seher yang diameternya lebih besar (oversize) dan ukuran silinder pun harus di perlebar (di-colter).

Starter Berat dengan Pantulan Keras

Starter terasa berat dengan pantulan yang keras di sebabkan oleh tekanan kompresi yang terlalu besar dan pengapian yang kurang tepat.

Pemeriksaan dan solusinya
  1. Periksa tekanan kompresi pada silinder.Tekanan kompresi yang terlalu besar dapat menyebabkan starter terasa berat dengan pantulan sangat keras.Selain itu,penyebab pantulan pada kick starter adalah setelan top sistem pengapian yang kurang tepat.Solusi,rapatkan setelan klep agar kompresi lebih rendah,kemudian setel top pengapiannya.

STARTER LOSS

Starter loss di sebabkan hal berikut;
  1. Setelan kopling terlalu 'nyetut'(kopling otomatis).
  2. Gigi starter aus.
  3. As gigi kick starter aus.
  4. Pelat kopling slip.
Pemeriksaan dan Solusinya

Pada motor bebek,periksa setelan kopling yang terletak pada blok mesin kanan.Kendorkan setelan kopling,kemudian coba selah.

  1. Periksa gigi starter dan as gigi starter.Tidak normal,gigi starter atau as gigi starter rusak/aus.Solusi,ganti gigi starter dan as.
  2. Jika gigi starter dan as gigi starter normal,penyebab starter loss adalah kopling slip.Solusi,ganti pelat kopling atau kampas kopling yang menyebabkan kopling slip.

Terdengar Suara yang berlebihan di Kepala Silinder

Suara yang berlebihan di kepala silinder di sebabkan sbb;
  1. Setelan klep terlalu renggang.
  2. Pelatuk klep aus.
  3. Pegas klep patah.
  4. Rantai keteng kendor.
Pemeriksaan dan solusinya.
  1. Periksa kerenggangan klep.Tidak tepat,setelan klep terlalu renggang menimbulkan suara menggelitik pada kepala silinder.Solusi,setel ulang kerenggangan klep.
  2. Periksa rantai keteng.Kendor.rantai keteng yang kendor menyebabkan suara yang berlebihan saat kendaraan mesin masih dingin.Hal ini di sebabkan oli mesin belum naik.Saat mesin panas oli mesin naik dan melumasi rantai sehingga suara berisik berkurang.Solusi,setel ulang rantai keteng atau ganti (jika rusak).
  3. Apabila kondisi rantai masih baik,kemungkinan kerusakan di sebabkan oleh pelatuk klep dan per klep(aus atau rusak).Pelatuk klep yang sudah aus dapat menimbulkan suara deribel saat pelatuk digerakkan oleh poros bubungan.Per klep yang sudah rusak atau patah menyebabkan klep tidak bergerak dengan baik,sehingga menimbulkan suara berisik pada kepala silinder.Solusi,pelatuk klep yang sudah aus atau per klep yang sudah rusak harus di ganti.

Mesin Berhenti saat Melaju cepat

Mesin berhenti saat melaju dengan cepat dapat diketahui ketika tarikan gas kencang dengan kecepatan maksimum,kemudian mendadak mati.Masalah ini di sebabkan hal sbb;
  1. Bahan bakar habis.
  2. Busi mati.
  3. Coil mati.
  4. Setelan karburator kurang tepat.

Pemeriksaan dan solusinya

  1. Periksa keadaan bensin apakah masih ada.Tidak normal,bensin habis mengakibatkan aliran bahan bakar tidak mengalir dan motor berhenti.Solusi,isi dengan bahan bakar yang baru(pastikan pengisian di lakukan di POM).
  2. Periksa percikan api busi pada sistem pengapian.Tidak normal,kemugkinan busi kotor atau terlalu renggang,sehingga percikapan api busi menjadi lemah.Solusi,bersihkan busi dan setel kerapatan busi.Jika busi lemah sebaiknya di ganti dengan busi yang baru.
  3. Periksa keadaan coil.Tidak normal,coil yang sangat panas dan penempatan coil yang salah mengakibatkan coil mati.Solusi,jika coil sudah lemah dan terbakar,ganti dengan coil yang baru.
  4. Bila keadaan coil normal,yang perlu di perhatikan adalah setelan karburator.Setelan karburator yang kurang tepat menyebabkan campuran bahan bakar dengan udara terlalu kaya.Akibatny,jika putaran gas terlau kencang,motor akan mati sendiri.Solusi,setel sekrup udara pada karburator sampai perbandingan udara dan bahan bakar sesuai.Setel ulang semua komponen karburator.

Mesin Tidak Stabil pada Kecepatan Tinggi

Mesin tidak stabil pada kecepatan tinggi di sebabkan sbb;
  1. Pengapian tidak sempurna.
  2. Setelan katup kurang tepat.
  3. Campuran bahan bakar dan udara terlalu miskin (sedikit)
  4. Kampas kopling aus.

Pemeriksaan dan solusinya

  1. Periksa percikan api busi pada sistem pengapian.Tidak normal,kemungkinan busi kotor atau setelannya terlalu renggang,sehingga percikan api busi menjadi lemah.Solusi,bersihkan busi dan setel kerapatan busi.Jika busi lemah,sebaiknya segera di ganti.
  2. Periksa setelan kerenggangan klep.Tidak tepat,setelan klep yang terlalu rapat menyebabkan klep tidak dapat menutup secara sempurna.Akibatnya,tekanan kompresi mesin rendah yang menyebabkan mesin tidak stabill saat melaju dengan kecepatan tinggi.Solusi,setel ulang kerenggangan klep.
  3. Periksa setelan karburator.Tidak tepat,kemungkinan setelan campuran bahan bakar terlalu miskin,menyebabkan suplai bahan bakar kurang saat sepeda motor melaju dengan kecepatan tinggi.Solusi,setel ulang karburator.
  4. Jika setelan karburator sudah tepat,di simpulkan kampas kopling telah aus.Kampas kopling yang aus menyebabkan mesin tidak dapat bekerja sempurna saat kendaraan melaju dengan kecepatan tinggi.Solusi,ganti kamplas kopling.


Cara mengatur jarak kerenggangan busi

  1. Elektroda tengah harus mempunyai ujung yang berbentuk persegi dan elektroda samping harus mempunyai ketebalan yang konstan.Ganti busi baru apabila terdapat keausan elektroda atau insulator retak atau gompal.
  2. Mengatur jarak kerenggangan menggunakan pengukur kawat atau setel dengan membengkokkan elektroda samping dengan jarak kerenggangan busi 0,7-0,9 mm untuk motor sport dan 0,6-0,8 mm untuk motor bebek.

Mesin Kurang Stabil pada Putaran Stasionernya

Mesin kurang stabil pada putaran stasionernya di sebabkan sbb;
  1. Setelan pengapian kurang tepat.
  2. Setelan kerenggangan katup terlalu kencang.
  3. Karburator tersumbat atau setelan karburator kurang tepat.
  4. Spull atau CDI sudah lemah.

Pemeriksaan dan Solusinya.

  1. Periksa jarak kerenggangan busi.Terlalu renggang,gap busi yang terlalu renggang menghasilkan percikan bunga api yang lemah atau tidak stabil.Solusi,rapatkan jarak kerenggangan busi.
  2. Periksa setelan karburator.Setelan karburator yang kurang tepat menyebabkan campuran bahan bakar dengan udara terlalu kaya (terlalu banyak).Solusi,setel sekrup udara pada karburator sampai perbandingan udara dan bahan bakar sesuai.
  3. Jika semua normal,berarti setelan klep kurang tepat (kemungkinan jarak kerenggangan klep kurang tepat).Solusi,setel ulang kerenggangan klep.

Cara membersihkan tangki bahan bakar

  1. Lepaskan tempat duduk,lepaskan kedua tutup samping rangka motor anda.
  2. Putar kran dalam posisi off dan lepaskan selang bahan bakar dari kran bensin.
  3. Lepaskan buat pemasang tangki,gerakkan tangki ke arah belakang dan lepaskan dari rangka motor.
  4. Siapkan wadah tempat bensin yang bersih dan tuangkan bensin dalam wadah tersebut.
  5. Tuangkan kembali bensin dari tutup tangki atas berulang-ulang sampai kotoran dalam tangki hilang.
  6. Pasang kembali bagian-bagian yang dilepas dalam urutan kebalikan dari pembongkaran.

Cara membersihkan saringan udara

  1. Lepaskan kotak saringan udara dari motor dan lepaskan sekrup-sekrup yang ada di kotak saringan udara.
  2. Keluarkan elemen saringan udara dari kotak saringan udara.
  3. Cuci elemen saringan udara dengan minyak atau minyak pembersih lain dengan titik nyala yang tinggi,biarkan sampai mengering.
  4. Celupkan elemen ke dalam minyak pelumas yang bersih,kemudian peras keluar minyak yang berlebihan.
  5. Anda juga bisa membersihkan dengan udara kompresor.
  6. Pasang kembali bagian-bagian yang di lepaskan dalam urutan kebalikan dari pembongkaran.

Karburator cepat kotor

Karburator cepat kotor disebabkan oleh udara yang masuk dalam saringan udara atau saringan udara tidak terpasang.Selain itu bahan bakar banyak campuran atau tangki kotor menyebabkan bahan bakar yang masuk ke karburator cepat kotor.

Pemeriksaan dan Solusi

  1. Periksa saringan udara.Saringan udara kotor,faktor udara lebih sering menyebabkan karburator kotor.Solusi,bersihkan saringan udara dari kotak saringan udara.
  2. Jika saringan udara masih bersih,penyebab karburator sering kotor adalah akibat bensin kotor atau tangki kotor/berkarat (karena sering terjadi pengembunan dan tangki sering kosong).Solusi,bersihkan tangki bensin.

cara membersihkan dan menyetel karburator

  1. Lepaskan sekrup-sekrup yang mengikat karburator.
  2. Lepaskan karburator dari pipa penyambung saringan udara dan insulator karburator.
  3. Lepaskan selang bahan bakar,pernafasan, dan pembuangan dari karburator.
  4. Lepaskan sekrup tutup membran dan keluarkan membran.Periksa keadaan membran terhadap lubang-lubang kecil dari kerusakan.
  5. Lepaskan sekrup rumah pelampung dari badan karburator.
  6. Lepaskan engsel,katup pelampung dan periksa katup pelampung terhadap alur-alur kerusakan permukaannya.
  7. Lepaskan spuyer utama atau main jet penahan spuyer jarum,dan spuyer langsam.Putar sekrup udara ke dalam,hitung dengan tepat jumlah putaran sebelum sekrup menyentuh batas.Catat jumlah putaran untuk dipakai sewaktu pemasangan kembali.
  8. Periksa cakra penggerak skep pegas pengembalian cakra cincin gaya dorong susunan skep.Bila kotor,lakukan pembersihan.
  9. Lepaskan pegas lengan penghubung dan lengan penarik.Periksa skep dan jarum skep terhadap keausan,goresan,dan kerusakan lainnya.
  10. Bersihkan semua saluran dengan udara kompesor sebelum pemasangan spuyer dan klep dilakukan.
  11. Pasang kembali semua komponen kebalikan daripada pembongkaran,jangan sampai ada komponen yang ketinggalan.