blog seputar perawatan ringan sepeda motor kesayangan anda

Peluang Bisnis Yang Tak pernah Habis

Jumat, 02 Januari 2009

Knalpot Berasap

Knalpot berasap di sebabkan adanya kerusakan pada klep dan seher,sehingga oli mesin ikut terbakar saat proses pembakaran.Kondisi ini terjadi karena kedua komponen tersebut berhubungan langsung dengan ruang bakar.
Pemeriksaan dan solusinya.
  1. Periksa kondisi sil klep.Rusak,sil klep yang bocor menyebabkan oli mesin dapat masuk ke dalam ruang pembakaran.Solusi,ganti sil klep.
  2. Periksa bosh klep,kepala klep,dan posisi dudukan klep.Apakah kondisinya masih baik,kotor,atau dudukanya sudah tepat.Klep kotor,menyebabkan klep tidak menutup rapat,sehingga oli mesin dapat ikut terbakar saat proses pembakaran.Bosh klep aus,menyebabkan oli pelumas klep dapat masuk ke dalam ruang bakar.Dudukan klep miring,menyebabkan klep tidak dapat menutup dengan sempurna dan oli pelumas dari bosh klep dapat masuk ke dalam ruang bakar.Solusi,sil klep yang rusak dan bosh klep yang aus harus diganti,di bersihkan dengan bensin dan di setel ulang.
  3. Apabila klep, bosh klep,dan dudukan klep normal,berarti terdapat kerusakan pada seher,ring seher dan silinder.Kerusakan tersebut meliputi:
  • Ring seher kendor,menyebabkan oli pelumas yang di gunakan untuk mendinginkan seher ikut terbakar.Seher atau silinder yang telah aus menyebabkan ring seher tidak dapat membersihkan oli pelumas,walaupun kondisinya masih bagus.Solusi,seher dan ring seher yang rusak sebaiknya di ganti.Seher di ganti dengan seher yang diameternya lebih besar (oversize) dan ukuran silinder pun harus di perlebar (di-colter).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar