blog seputar perawatan ringan sepeda motor kesayangan anda

Peluang Bisnis Yang Tak pernah Habis

Jumat, 02 Januari 2009

Mesin Berhenti saat Melaju cepat

Mesin berhenti saat melaju dengan cepat dapat diketahui ketika tarikan gas kencang dengan kecepatan maksimum,kemudian mendadak mati.Masalah ini di sebabkan hal sbb;
  1. Bahan bakar habis.
  2. Busi mati.
  3. Coil mati.
  4. Setelan karburator kurang tepat.

Pemeriksaan dan solusinya

  1. Periksa keadaan bensin apakah masih ada.Tidak normal,bensin habis mengakibatkan aliran bahan bakar tidak mengalir dan motor berhenti.Solusi,isi dengan bahan bakar yang baru(pastikan pengisian di lakukan di POM).
  2. Periksa percikan api busi pada sistem pengapian.Tidak normal,kemugkinan busi kotor atau terlalu renggang,sehingga percikapan api busi menjadi lemah.Solusi,bersihkan busi dan setel kerapatan busi.Jika busi lemah sebaiknya di ganti dengan busi yang baru.
  3. Periksa keadaan coil.Tidak normal,coil yang sangat panas dan penempatan coil yang salah mengakibatkan coil mati.Solusi,jika coil sudah lemah dan terbakar,ganti dengan coil yang baru.
  4. Bila keadaan coil normal,yang perlu di perhatikan adalah setelan karburator.Setelan karburator yang kurang tepat menyebabkan campuran bahan bakar dengan udara terlalu kaya.Akibatny,jika putaran gas terlau kencang,motor akan mati sendiri.Solusi,setel sekrup udara pada karburator sampai perbandingan udara dan bahan bakar sesuai.Setel ulang semua komponen karburator.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar